Tips Membersihkan Cartridge Printer HP Dengan Cepat dan Mudah

wartanitizen.com – Catridge atau biasa dikenal dengan head cleaning adalah sebuah upaya pembersihan dari printer. Dalam proses ini printer melakukan pembersihan dengan membuang tinta yang telah menjadi gumpalan. Biasanya tinta tersebut berada di bagian bawah catridge. Hal ini dilakukan agar printer dapat berfungsi dengan normal dan tintanya mengalir lancar.

Cara tersebut telah umum digunakan pada saat catridge printer dalam keadaan kotor. Head cleaning dapat dilakukan dengan mudah dan tidak perlu repot. Namun perlu diperhatikan jikalau setiap printer dengan merk berbeda-beda memiliki cara tersendiri. Umumnya proses deep cleaning dan head cleaning seringkali disamakan artinya. Padahal kedua proses tersebut sangatlah berbeda secara arti. Apabila catridge atau head cleaning hanya dilakukan ketika aliran tinta macet.

Sedangkan deep cleaning adalah proses pembersihan dengan hasil yang optimal. Selain untuk menghindari aliran tinta yang macet, head cleaning juga dilakukan agar tinta tidak bocoe atau meluber. Head cleaning perlu dilakukan agar performa dari printer dapat terjaga dengan baik. Merk-merk printer yang beragam sedikit banyak berpengaruh pada cara merawatnya. Walaupun secara umum prosesnya sama namun terdapat langkah-langkah yang perlu diperhatikan.

Pada pembahasan kali ini penulis akan membahas cleaning printer merek HP. Langkah-langkahnya dapat disimak sebagai berikut:

  • Cara pertama pastikan printer terhubung dengan perangkat computer.
  • Selepas itu klik aplikapsi HP DeskJet yang ada di komputer anda. Aplikasi ini telah terinstal secara otomatis pada saat driver printer dipasang.
  • Selanjutnya teman-teman akan menemui menu “HP Connected”, “Shop”, “Help”, dan “Utilities” pada saat aplikasi berjalan.
  • Setelah itu pilih menu “PRINT” dan “Maintain Your Printer”.
  • Tunggu sebentar hingga popup window muncul. Selanjutnya klik tab menu “device services” dan setelahnya “Clean Ink Catridges”.
  • Layar Komputer akan memperlihatkan proses cleaning kepada teman-teman. Disini teman-teman perlu menunggu hingga proses telah benar-benar selesai.
  • Selepas proses dapat selesai dengan baik maka komputer akan memperlihatkan popup window yang bertuliskan “Cleaning has Completed”.
  • Guna memastikan apakah proses cleaning telah berjalan dengan baik, cobalah untuk mulai melakukan proses print.
  • Apabila hasil dari proses print tersebut dirasa masih belum cukup baik. Maka anda dapat mengulangi proses-proses tersebut sebanyak 3 kali.
  • Jikalau belum dapat juga teman-teman harus menekan tombol second-level clean.

Hal-hal tersebut dapat dilakukan ketika hendak melakukan head cleaning pada printer merk HP. Prosesnya dapat diikuti dengan mudah oleh setiap insan, jadi teman-teman tak perlu risau apabila menemui permasalahan tersebut. Sebenarnya terdapat alternatif lain dalam melakukan head cleaning. Caranya dengan aplikasi bawaan yang disediakan oleh merk-merk tersebut.

Secara umum cara ini dapat dilakukan pada semua merk printer. Namun teman-teman juga perlu memperhatikan OS yang digunkan. Kali ini kita akan membedah bagaimana melakukan head cleaning pada windows 8:

  • Pertama klik start lalu control panel, setelah itu pilih Hadware and sound dan akan lanjut ke menu device and printer.
  • Selepas itu klik kanan pada printer HP dengan menyesuaikan series dan klik printring preferences.
  • Setelah itu akan muncul pop-up dengan tulisan Quick Setup,Main, dan Page Setup. Effeck an Maintenance. Setelah semua selesai klik tab maintenance lalu cleaning.
  • Langkah keempat adalah memilih apakah All Colors ataupn black. Kalau ini sesuai dengan kebutuhan teman-teman.
  • Tunggu semua proses hingga selesai.
Back to top button