Bisnis Plan Untuk Usaha Rumahan

WartaNitizen – Ada baiknya untuk memulai dengan perencanaan yang matang untuk membangun bisnis Anda.

Bisnis Plan Untuk Usaha Rumahan

Setiap rencana yang dijalankan merupakan persiapan langkah-langkah untuk membantu bisnis Anda berjalan lancar dan terhindar dari risiko kegagalan. Perencanaan bisnis yang matang juga bisa menjadi strategi agar produk Anda laris manis di pasaran.

Setiap bisnis memerlukan rencana bisnis di setiap langkah. Tetapi bahkan dalam jenis bisnis rumahan ini. Semua detail bisnis disertakan dalam rencana bisnis, sehingga lebih mudah untuk mencapai tujuan dan visi bisnis Anda dan menghindari risiko kebangkrutan.

Definisi Rencana Bisnis

Rencana bisnis atau business plan adalah dokumen lengkap yang berisi tujuan bisnis Anda dan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut.

Contoh rencana bisnis juga memiliki jangka waktu untuk mencapai tujuan tersebut secara lebih jelas dan rinci.

Untuk bisnis rumahan, tetap penting untuk memiliki rencana bisnis. Dalam rencana bisnis bisnis rumahan, persiapan tentu lebih mudah daripada perusahaan.

Tapi bisnis tetap bisnis. Rencana bisnis harus dibuat untuk tujuan utama, terlepas dari industrinya.

Tujuan Dari Rencana Bisnis

Seperti halnya rencana bisnis terperinci lainnya, tujuan utama rencana bisnis adalah untuk menyediakan peta jalan, memperjelas apa yang menjadi fokus, dan menemukan perkiraan bisnis di masa depan.

Berikan Peta Jalan

Rencana bisnis sebenarnya adalah peta atau roadmap untuk menjalankan bisnis.

Dalam business plan, Anda bisa menjalankan bisnis Anda selangkah demi selangkah, mulai dari apa visi bisnis Anda, bagaimana mewujudkannya, siapa target pasar Anda, di segmen apa, dan apa yang relevan dengan bisnis Anda.

Memperjelas Fokus Bisnis

Meski tidak jarang, pemilik bisnis akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis. Kehadiran contoh rencana bisnis membantu memperjelas fokus bisnis.

Fokus yang jelas memungkinkan pemilik bisnis untuk tetap berpegang pada jalur bisnis yang dibuat sebelumnya.

Bisnis dengan fokus yang jelas lebih mudah untuk mencapai tujuan atau visi bisnis Anda, jika Anda melebih-lebihkan atau mengalami masalah dengan bisnis yang Anda jalankan, rencana bisnis ini Bisa dikatakan sebagai rem atau bahan evaluasi.

Sebagai bukti keseriusan

Rencana bisnis yang sebenarnya bukanlah niat Anda sebagai pemilik bisnis, tetapi juga membantu pemangku kepentingan dan investor yang mendukung bisnis Anda. Sebuah rencana bisnis tentu bisa menjadi identitas serius Anda dalam menjalankan bisnis.

Rencana bisnis juga dapat dijadikan sebagai contoh pertimbangan investor untuk mendukung bisnis Anda. Rencana bisnis juga berguna saat mengajukan permohonan izin usaha atau berinteraksi dengan pemasok.

Contoh Bisnis Plan Bisnis Rumahan

Mengapa bisnis rumahan masih membutuhkan rencana bisnis? Pertama, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rencana bisnis dimaksudkan sebagai rem atau referensi untuk bisnis Anda.

Bisnis rumahan yang tidak memiliki struktur organisasi yang terdefinisi dengan baik cenderung berlebihan atau salah perhitungan dan tidak fokus.

Kedua, bisnis rumahan sering kali kesulitan mengelola keuangannya, sehingga rencana bisnis menjadi referensi yang bagus untuk pengeluaran dan pemanfaatan aset.

Ketiga, merek. Bisnis rumahan membutuhkan merek, jadi peran rencana bisnis berperan di sini.

Dengan membuat contoh rencana bisnis lengkap untuk rencana bisnis Anda, Anda dapat memilih strategi mana yang terbaik untuk Anda, tetapi tidak mahal dan efektif dalam memperkuat merek Anda.

Ambil contoh rencana bisnis untuk merencanakan bisnis kue rumahan dengan studi kasus yang lengkap.

Buat Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif meliputi tujuan dan identitas bisnis, meliputi logo, produk yang dijual, kemasan, siapa pendirinya, dan struktur organisasi hingga tempat produksi. Segala sesuatu tentang bisnis Anda sepenuhnya dibahas di sini. Urutan penempatannya adalah sebagai berikut:

  1. Latar belakang meliputi visi, misi, jargon, dan apa yang Anda jual
  2. Produk (dimulai dengan keunikan, pemilihan rasa, menu produk, kemasan)
  3. Logo dan merek bisnis Anda (warna dan bentuk)
  4. Struktur organisasi
  5. Proses pembuatan dan lokasi
  6. Analisis Pasar
  7. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam analisis pasar.

Analisis SWOT-Apa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada dalam bisnis Anda? Bagian ini merinci produk, mulai dari manfaat produk kue hingga ancaman produk masa depan.

Siapa target pasar demografis, sosiokultural dan geografis? Misalnya; di area apa dan melalui saluran mana produk Anda dijual dan siapa yang kemungkinan akan membeli produk Anda.

Apa Segmentasi Pasar Anda?

Dimana produk yang akan dijual dalam persaingan pasar yang ada?

Siapa pesaing Anda dan bagaimana Anda membandingkannya dengan SWOT bisnis Anda? – Di sini Anda dapat berbicara tentang pesaing bisnis Anda. Tahap ini membutuhkan investigasi rinci dari pesaing dan, jika mungkin, keuntungan bulanan.

Analisis Produksi

Analisis produksi dilakukan untuk mengetahui kapasitas dan bagaimana kapasitas yang ada dapat memenuhi kebutuhan pasar sasaran. Ini berguna untuk tidak melebih-lebihkan.

Analisis produksi juga mencakup rencana pemasaran, pemasok, dan manajemen gudang untuk manajemen risiko.

Dalam rencana pemasaran Anda, Anda perlu mengingat hal-hal berikut:

Pilihan media pemasaran yang paling efektif untuk Anda saat ini. Saat itulah Anda pertama kali memulai bisnis ini. Apakah Anda hanya perlu dari mulut ke mulut? Atau dari mulut ke mulut. Apakah Anda Membutuhkan Pemasaran Digital? Suka SEO, konten Instagram, atau konten berbayar seperti iklan Facebook atau iklan Google?

Saluran penjualan. Bagaimana konsumen dapat berinteraksi dengan Anda? Apakah hanya melalui Whatsapp? Facebook? Instagram? Atau melalui pasar online? Atau apakah Anda mengunjungi tempat produksi Anda?

Untuk bisnis rumahan, rencana pemasaran di atas adalah hal mendasar yang perlu dipertimbangkan. Bagaimana dengan manajemen pasokan?

Rencana bisnis Anda harus menuliskan siapa pemasoknya dan menyertakan harga dan pertimbangan untuk memilih pemasok.

Selain masalah pemasok, manajemen pasokan juga mencakup, misalnya, ketika bahan baku harus kekurangan pasokan dalam jangka waktu tertentu, ketika bahan baku baru dipasok, dan ketika penjualan bahan baku dicatat dalam operasi satu tahun. periode. Harus dicatat. Semua harus diisi dalam contoh rencana bisnis.

Manajemen risiko juga harus dipertimbangkan jika terjadi kecelakaan produksi seperti kue terbakar atau pecah, keluhan konsumen, atau kecanduan yang paling parah. Anda perlu menuliskannya dalam rencana bisnis Anda dengan mengingat hal itu.

Rencana bisnis pembuatan kue rumahan yang baik bahkan dapat mewaspadai semut yang melewati meja dapur Anda!

Analisis Sumber Daya Manusia

Pada bagian ini Anda dapat menulis tentang jumlah karyawan yang dibutuhkan bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhan permintaan konsumen.

Hal ini juga membantu untuk mengelola penjualan produk sesuai dengan jumlah sumber daya yang tersedia.

Analisa Keuangan

Rencana bisnis rumahan tidak jauh berbeda dengan contoh rencana bisnis skala besar yang lengkap.

Anda perlu memasukkan anggaran dan perkiraan arus kas untuk tiga tahun pertama produksi. Yang terpenting adalah analisis return on investment (RoI) dan net present value (NPV).

Analisis NPV dan RoI dapat membantu Anda menilai apakah bisnis Anda layak dilakukan.

RoI sendiri menganalisis kapan sebuah bisnis membayar investasinya. Misalkan pengembalian investasi yang diharapkan terjadi dalam tiga tahun. Jika perhitungan menunjukkan bahwa laba atas investasi lebih tinggi dari yang diharapkan, bisnis Anda dianggap tidak realistis atau tidak berhasil.

Kesimpulan

Lampiran berisi semua lisensi untuk bisnis Anda. Namun, jika Anda melakukan bisnis rumahan di bidang kue, Anda dapat menyertakan sertifikasi Halal atau BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dalam lampiran rencana bisnis Anda.

Selain itu, bahan yang digunakan dapat berupa foto produk, desain menu, desain kemasan, dan proses pembuatan.

Demikian uraian lengkap mengenai pengertian Bisnis Plan Untuk Usaha Rumahan, tujuan pembuatannya, dan beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam business plan. Kami harap informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Back to top button