Peluang Bisnis Usaha Makanan Rumahan Modal Kecil

WartaNitizen – Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Bisnis kuliner akan terus ada dan berkembang seiring dengan beragamnya selera konsumen. Terbukti, saat ini, berbagai jenis bisnis  makanan rumahan telah sangat beragam. Makanan dan minuman ringan merupakan bisnis makanan rumahan yang sangat menjamur sekarang ini. Baik itu berupa makanan tradisional maupun jajanan kekinian, masing-masing lapak bersaing dengan menghadirkan menu dan harga yang kompetitif. Kelezatan kuliner yang cocok sebagai jajanan seperti Risol, Cireng, Sempol Ayam, aneka keripik dan minuman ringan seperti Thai tea dan kopi menjadi primadona dunia kuliner saat ini.

Bisnis Usaha Makanan Rumahan

Bisnis kuliner ringan seperti ini tidak hanya sering dikonsumsi, tetapi juga membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Penawaran kuliner best seller semacam ini juga bisa dilakukan di rumah. Ditambah dengan penggunaan media sosial yang maksimal, berbagai jenis usaha kuliner dijamin menghasilkan keuntungan yang baik.

Selain itu, ketersediaan warung kuliner juga menjadi solusi bagi masyarakat yang suka makan tetapi tidak bisa memasak, atau yang suka memasak tetapi tidak ingin memasak sendiri. Berbagai peluang bisnis kuliner juga menjadi pilihan makanan atau snack, agar menu yang dikonsumsi setiap hari tidak menjadi membosankan. Sehingga bisnis kuliner memiliki peluang yang sangat besar dan memiliki target audience yang luas.

Bahkan di masa pandemi ini, masyarakat lebih memilih untuk berdiam diri di rumah dan memesan sembako secara online untuk memenuhi protokol kesehatan. Kemampuan untuk menampilkan usaha kuliner yang akan memenuhi kebutuhan bahan makanan rumah mereka – baik berat atau ringan – menjadi tujuan yang lebih besar dan lebih besar bagi konsumen.

Jika Kamu  sedang mencari untuk memulai bisnis kuliner rumahan yang bisa dengan mudah dipasarkan atau dipasarkan secara online, beberapa ide bisnis kuliner berikut ini mungkin bisa menjadi referensi untuk Kamu  coba.

Bisnis Usaha Makanan Rumahan Modal Kecil

1. Jajanan Pasar

Jajanan Pasar merupakan salah satu dari 10 jenis usaha kuliner terpopuler. Jajanan pasar berupa kue basah selalu dicari, terutama di pagi dan sore hari. Di pagi hari, jajanan pasar biasanya dikonsumsi untuk sarapan atau saat bekerja. Sore hari, jajanan pasar dicari teman-teman untuk minum teh dan mengobrol setelah beraktivitas.

Selain itu, bisnis menjual jajanan pasar tidak berarti Kamu  harus membuat sendiri semua kue. Kamu  hanya perlu mencari pemasok. Yang perlu Kamu  persiapkan adalah tempat berjualan dan sedikit iklan terutama di lingkungan tempat tinggal Kamu .

2. Bahan dan resep makanan

Ide bisnis ini mungkin belum begitu familiar di Indonesia, namun di luar negeri ide bisnis ini berkembang pesat. Ide utama dari bisnis ini adalah Kamu  menyediakan paket bahan-bahan sesuai resep yang telah Kamu  berikan.

Misalnya paket Spaghetti Squid Ink. Kamu  harus menyediakan spageti, cumi-cumi, bumbu, dan tentu saja petunjuk resep. Bisnis ini tentunya dapat membantu mereka yang ingin meningkatkan keterampilan memasak di masa pandemi.

Toko ini cocok untuk calon pelanggan yang tidak ingin repot, ingin belajar memasak dan tidak peduli dengan kebersihan makanan.

3. Sambal kemasan

Ide bisnis ini sangat cocok bagi pecinta makanan pedas atau orang yang tidak ingin repot membuat sambal. Bisnis ini juga bisa melatih Kamu  untuk kreatif menentukan rasa dan varian sambal.

Indonesia sendiri terkenal dengan pilihan sambalnya yang banyak, setiap daerah memiliki cita rasa sambal yang khas. Tentunya jika Kamu  memiliki kemampuan untuk membuat sambal khas dari suatu daerah, itu menjadi nilai plus dari produk cabai kemasan yang Kamu  dapatkan juga.

Saat mengemas, pastikan menggunakan kemasan yang aman agar tidak mudah tumpah. Kamu  tentu tidak ingin produk cabai kemasan yang Kamu  jual tumpah saat pengiriman, bukan? Oleh karena itu, pemilihan kemasan cabai tidak bisa sembarangan. Pengemasan yang baik tidak hanya aman, tetapi juga membantu menjaga kualitas sambal agar lebih tahan lama dan enak.

4. Kopi atau susu botolan

Bisnis minuman benar-benar berkembang di pasaran, itu karena banyak kafe yang gulung tikar akibat pandemi. Mulai dari larangan makan selama PSSB hingga masyarakat yang enggan nongkrong di kafe.

Minuman seperti kopi atau susu merupakan beberapa contoh minuman yang disukai masyarakat luas untuk dijadikan teman, bersantai, dan menikmati jajanan. Tak ayal, banyak orang yang menjadikan kedua minuman ini sebagai bisnis kuliner mereka.

Karena ada banyak perusahaan minuman jenis ini di pasaran, jika Kamu  ingin mencoba dan menjualnya juga, cobalah membuat minuman kopi atau susu yang ingin Kamu  jual. Salah satunya adalah penyajian kemasan yang menarik, mis.

Dan jangan lupa bahwa rasa minuman yang Kamu  jual juga berkualitas tinggi dan memiliki keunikan tersendiri!

5. Makanan beku / Frozen food

Makanan beku dapat digunakan sebagai lauk yang sangat nyaman dan juga dapat digunakan sebagai makanan ringan. Pilihannya sangat beragam dan mulai dari bakso, sosis, nugget, bento, ramen, donat, dll yang murah dan juga enak.

Kelompok sasarannya sangat beragam dan berkisar dari anak-anak hingga orang dewasa. Peluang Kamu  untuk memesan ulang juga sangat tinggi selama Kamu  dapat menawarkan produk yang berbeda, menjaga kualitas produk, kualitas layanan, dan kecepatan pengiriman.

6. Cemilan kering

Camilan kering baik tradisional maupun kekinian juga banyak beredar di pasaran. Target pelanggannya kebanyakan adalah anak muda, sehingga social media advertising menjadi metode yang sangat cocok.

Jajanan kering pedas paling banyak dicari dan diminati. Makaroni, batagor kering, seblak, keripik singkong, mie, kerupuk kulit, hanyalah sebagian dari berbagai jenis cemilan kering yang sangat diminati jika dicampur dengan bumbu pedas. Penyajian jajanan kering berwarna kemerahan ini sangat digemari dan banyak diminati pelanggan.hanyalah sebagian

Selain daya tarik dan prospek pasarnya yang bagus, jajanan kering ini tidak perlu Kamu  buat sendiri. Yang perlu Kamu  lakukan adalah mencari pemasok atau bekerja dengan pembuat makanan ringan. Dengan teknologi periklanan yang tepat, jajanan tersebut dijamin cepat sampai ke konsumen.

Itulah 6 ide bisnis kuliner rumahan yang bagus untuk digunakan di masa pandemi ini. Jika Kamu  tertarik menjalankan bisnis kuliner, luangkan waktu untuk melakukan persiapan bisnis yang matang dan tentukan strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis Kamu . Kamu  juga bisa mempertimbangkan untuk menjual produk kuliner Kamu  melalui GoFood, GrabFood, Shopee Food, dan platform pengiriman online lainnya yang mempermudah penjualan bahan makanan!

Back to top button