Panduan Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik Yang Menguntungkan

WartaNitizen – Masih banyak masyarakat di Indonesia yang membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai di dalam tanah. Ada juga yang telah terbiasa membuang dan mengelola, tapi dengan cara dibakar. Membakar sampah memang cara paling sederhana dalam proses daur ulang sampah, tapi itupun jika yang dibakar adalah sampah organik, akan berbeda halnya ketika yang dibakar adalah sampah anorganik. Pembakaran sampah anorganik justru akan menimbulkan masalah baru, yaitu asap dari pembakaran sampah anorganik justru akan membahayakan kesehatan jika terhirup.

Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik

Kita bersyukur masih ada pemulung yang sedikit banyak membantu membuang sampah atau barang bekas yang tidak mau disia-siakan. Tahukah Kamu  bahwa mengumpulkan sampah, atau lebih tepatnya mendaur ulang sampah ini, bisa menjadi bisnis yang menggiurkan bagi Kamu  selain menjaga lingkungan. Bagaimana bisa suatu kegiatan yang dianggap kotor justru menghasilkan keuntungan?

Daur ulang sampah merupakan suatu cara pengelolaan sampah atau barang bekas agar dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang berguna dan bernilai sehingga dapat diperdagangkan kembali. Daur ulang sampah, baik itu sampah organik atau sampah anorganik memang menjanjikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Manfaat yang akan terasa tentunya lingkungan menjadi lebih bersih. Usaha daur ulang sampah plastik ini relatif berisiko rendah dan mudah dilaksanakan. Jika kamu tertarik untuk terjun dalam bisnis daur ulang sampah plastik, berikut beberapa tips dalam bisnis daur ulang sampah plastik yang Kami kumpulkan.

Tips memulai bisnis daur ulang sampah plastik

1. Modal

yang pertama harus disiapkan tentunya adalah modal. Modal untuk membeli sampah plastik dari para pemulung.

2. Tempat yang Luas

Pastikan Kamu  memiliki tempat yang luas untuk menyimpan sampah plastik bekas beserta biji plastiknya. Tempat ini juga digunakan sebagai tempat pemilahan jenis plastik dengan jenis pengolahan yang berbeda

3. Timbangan dan Mesin Penggiling plastik

sediakan timbangan dan mesin penggiling plastik. Mula-mula gunakan grinder dengan kapasitas yang cukup, jangan ditekan terlalu keras, yang terpenting bisnis bisa jalan

4. Pahami Alur dari Hulu ke Hilir

Pelajari dan pahami berbagai metode daur ulang sampah plastik, mulai dari pengolahan hingga pengelolaan modal, agar arus kas tetap lancar. Cari tahu lebih lanjut dan bagikan ide dengan pebisnis serupa

5. Karyawan

Mempekerjakan beberapa karyawan yang bertugas membersihkan, memilah dan mengolah plastik bekas. Kamu  tidak perlu banyak selama Kamu  hanya dapat memenuhi kebutuhan kepegawaian perusahaan Kamu

6. Komunitas

Carilah kontak sebanyak mungkin untuk pengumpul sampah plastik dan pembeli plastik yang dengannya, misalnya, perusahaan produsen plastik dapat bekerja sama. Tentu saja, selama pengolahan benih plastik Kamu  rapi dan bersih, pasangan Kamu  akan memberi Kamu  harga yang lebih baik

Tahapan daur ulang sampah plastik

Ini kira-kira alur yang tepat untuk mendaur ulang sampah plastik, dari sampah menjadi butiran plastik yang siap dijual

  1. Bersihkan plastik dari berbagai kontaminan seperti kertas, label plastik atau bagian lain yang masih menempel. Jadi, bersihkan dengan pisau kerajinan, lalu cuci bersih.
  2. Ratakan plastiknya, bisa diinjak atau menggunakan mesin press.
  3. Tempatkan plastik di penggiling plastik.
  4. Pisahkan sampah plastik yang sudah diparut berdasarkan jenisnya (ada yang mengapung dan tenggelam di air).
  5. Pisahkan menurut jenisnya kemudian dimasukkan ke dalam mesin peleburan.
  6. Akhirnya, lembaran plastik yang dihasilkan dari mesin peleburan dapat dipotong dengan mesin pelet jika diperlukan. Hasilnya adalah apa yang dikenal sebagai biji plastik.

Jenis plastik dalam usaha daur ulang plastik.

Setiap jenis plastik memiliki nilai yang berbeda-beda. Oleh karena itu penting untuk mengetahui berbagai jenis plastik, karena tidak semua jenis plastik dapat didaur ulang.

1. Polipropilen (PP)

Plastik Jenis PP memiliki kekuatan yang cukup lumayan dibandingkan dengan jenis plsatik lainnya,  memiliki titik leleh yang tinggi dan tahan kimia. Biasanya jenis ini digunakan untuk botol bayi, sembako, botol minum dan lain-lain. Ketika plastik ini didaur ulang menjadi wadah baterai, sikat, sapu, dll.

2. Polietilen Densitas Rendah (LDPE)

Jenis plastik ini biasanya bertekstur lembut dan digunakan untuk wadah makanan. Kode ini masih dapat didaur ulang tetapi tidak dihancurkan.

3. Polistirena (PS)

Umumnya digunakan sebagai komponen utama styrofoam, wadah minuman sekali pakai, karton telur, tempat CD, dll.

4. Polietilen Densitas Tinggi (HDPE)

Jenis plastik HDPE ini banyak digunakan pada botol minyak, deterjen, atau makanan kemasan karena teksturnya yang lebih keras dan kuat. Selain itu, galon, crackling bag dan milk dot juga menggunakan jenis plastik ini karena tahan terhadap suhu tinggi. Sifatnya biasanya tidak belang, bau, atau mudah pecah.

5. Polietilen Tereftalat (PET)

Plastik ini terbuat dari minyak mentah dan biasanya bening atau tembus cahaya. Plastik PET banyak digunakan untuk kemasan air mineral, air minum dalam kemasan, jus buah, dan sebagian besar botol plastik sekali pakai lainnya.

6. Polivinil Klorida (PVC)

Jenis plastik ini paling sulit didaur ulang karena kuat dan tahan terhadap cuaca, listrik, dan bahan kimia. Plastik jenis ini biasanya digunakan untuk bahan paralon pipa air.

Bisnis kerajinan tangan dari limbah

Bisnis daur ulang sampah plastik yang cukup populer adalah usaha kerajinan tangan. Masyarakat Indonesia terkenal dengan kreatifitasnya baik di dunia musik atau apapun. Termasuk dalam mengatasi sampah plastik, justru sebagian masyarakat melihat sampah tersebut sebagai sebuah peluang bisnis.

Berikut beberapa contoh peulang usaha kerajinan tangan dari limbah yang populer di masyarakat

  1. Kerajinan dari kardus bekas, seperti kotak tisu, replika rumah, hingga mainan anak
  2. Meja bar, paet, rak buku, rak piring atau mebel lainnya berbahan kayu bekas
  3. Meja dan kursi santai dari ban bekas
  4. Kerajinan tangan pot bunga, celengan, bunga plastik, lampu gantung, sapu ijuk, atau tempat penyimpanan lainnya dari bahan sampah botol plastik
  5. Mendaur ulang kertas bekas atau koran bekas dapat diubah menjadi sesuatu yang berbeda dan menarik dengan menggunakan teknik yang disebut paper mache. Atau diolah menjadi tas belanja ramah lingkungan
  6. Siapa sangka bunga plastik atau bentuk menarik lainnya bisa dibuat dari sedotan bekas?
  7. Limbah kemasan makanan instan juga telah disalurkan dalam bentuk kerajinan tas untuk berbagai kebutuhan rumah tangga yang unik

Manfaat mendaur ulang sampah bagi manusia dan lingkungan

1. Meningkatkan kreativitas di bidang produksi daur ulang

Kamu  ditantang untuk selalu berinovasi berdasarkan ide dan kreativitas untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi barang berguna yang bisa dijual kembali. Sampah plastik juga bisa diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual lebih selain biji plastik, tentunya Kamu harus meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas Kamu.

2. Meningkatkan pendapatan dan menciptakan lapangan kerja baru

Mungkin tidak banyak yang tahu, ketika harga benih plastik yang dijual di pasaran mencapai 20.000 per kilo, pasarnya bahkan sampai ke luar negeri. Tentunya dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi pelet plastik dan memasarkannya maka hasilnya akan bagus. Bisnis ini juga memberi Kamu  kesempatan untuk mempekerjakan orang lain dan mengurangi jumlah pengangguran.

3. Konservasi sumber daya alam

Jika sampah plastik didaur ulang lagi, penggunaan plastik baru sebagai bahan baku bisa ditiadakan. Dengan demikian, hasil daur ulang sampah plastik dapat menghemat sumber daya alam karena kegunaannya, yang dapat diubah menjadi bahan baru untuk industri tertentu.

4. Mengatasi pencemaran lingkungan dan melindungi kesehatan dengan meminimalkan pabrik pembakaran atau tempat pembuangan sampah

Karena sampah plastik sangat sulit terurai di tanah, sampah plastik sering dihancurkan dengan pembakaran dan penimbunan. Cara pembakaran tersebut justru menghasilkan asap pembakaran yang jika terhirup dalam jumlah tertentu sangat berbahaya bagi kesehatan. Sedangkan sampah plastik yang disimpan hanya tinggal di dalam tanah dan bahayanya lebih besar. Nah, daur ulang sampah plastik merupakan alternatif terbaik yang aman dan tidak mencemari lingkungan.

Jika Kamu memang ingin mencoba bisnis daur ulang sampah plastik, siapkan mindset yang kuat karena bisnis ini pasti ada hubungannya dengan “kotoran”. Namun berbekal kreativitas dan pantang menyerah, setiap perusahaan pasti akan sukses, termasuk bisnis daur ulang sampah plastik.

Selamat mencoba.

Back to top button